Selasa, 16 November 2010

Batu Karas : Pantai Indah Sesuai dengan Kocek Mahasiswa

T13/OJ/2010
Meissa Putri Jathia
210110090233
Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara. Satu hal yang terkenal dari Indonesia adalah keindahan alamnya. Indonesia juga merupakan negara yang agraris atau  negara yang sebagian besarnya dikuasai oleh lautan. Keadaan georafis yang seperti ini tentu menyebabkan Indonesia mempunyai banyak kekayaan alam yang beragam. Mulai dari gunung-gunung yang tinggi menjulang, wilayah yang mempunyai pemandangan elok seperti Puncak, kemudian pesona yang dapat dinikmati disuatu kawasan seperti Kawah Putih dan pantai-pantai yang terbentang sehingga menyejukkan mata seperti Karimun Jawa, Pantai Carita dan Batu Karas.
Batu Karas adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang Ciamis, Jawa Barat. Letaknya berdekatan dengan Pantai Pangandaran yang umumnya masyarakat sudah lebih mengenal pantai ini dibandingkan dengan Batu Karas atau berjarak sekitar 34KM dari Pangandaran. Jika kita menggunakan mobil pribadi dan hendak pergi ke Batu Karas, maka jarak tempuh yang diperlukan untuk mencapai Pantai Batu Karas yakni sekitar satu setengah hingga dua jam.
Pantai ini menyuguhkan pesona yang benar-benar menenangkan. Angin sepoi-sepoi dan warna air yang biru membuat kita ingin segera berlari kearahnya dan berenang. Benar-benar pantai yang sarat akan kenanagan. Nuasa alamnya juga sangat kenatal sehinggal membuat kita kerasan untuk tinggal disana. Batu Karas relatif lebih sepi dibandingkan dengan Pantai Pangandaran. Selain karena memang belum terlalu dikenal seperti Pantai Pangandaran tadi, Batu Karas dalam luas wilayah mempunyai wilayah yang lebih kecil. Namun, untuk masalah kebersihan dan ombak, Batu Karas boleh dikatakan lebih baik daripada Pangandaran. Pandangan ini pun tidak muncul begitu saja. Hal ini berdasarkan komentar dari wisatawan yang sudah pernah berkunjung kesana dan merasakan sendiri bagaimana perbedaan Pangandaran dan Batu Karas.
Selain keindahannya, kebersihan pantai dan deburan ombaknya yang tinggi - yang mana hal ini dijadikan alasan para surfer untuk datang kesini - Batu Karas juga terkenal dengan watersport atau permainnan airnya. Beberapa contoh permainan air yang terdapat di Batu Karas yaitu banana boat, jetski, surfing dll. Harganya pun terjangkau. Kita cukup merogoh kocek sebesar tiga puluh lima ribuh rupiah per satu kepala untuk menaiki banana boat.
Tidak berhenti dipermainan airnya saja. Batu Karas sampai saat ini sudah memiliki tempat penginapan yang baik dan kios-kios makan yang tersebar di beberapa titik pinggir pantai. Seafood dan kelapa muda umumnya merupakan menu andalan tiap-tiap kedai makan. Banyak hal yang sudah dapat kita garis bawahi dari Batu Karas. Entah itu keadaannya, fasilitasnya, penginapan hingga pondok makanan. Kesemuanya itu bisa kita nikmati seluruhnya dalam waktu yang bersamaan dan merupakan alasan mengapa Batu Karas menjadi objek wisata yang mulai digandrungi oleh masyarakat kebanyakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar