Selasa, 16 November 2010

Cihampelas: Tempat Transit tapi Menarik

T13/OJ/2010
Yosie Sesbania Gewap
210110090257

Belanja, belanja, dan belanja…
Rasanya tidak lengkap jika jalan-jalan ke kota Bandung tanpa belanja, terutama belanja pakaian. Dari mulai pakaian anak kecil hingga orang dewasa, ukuran kecil hingga ukuran besar, pakaian yang sedang trend hingga pakaian tradisional, seperti batik, ada di Bandung. Pakaian-pakaian ini bisa ditemukan di factory outlet, distro, ataupun toko-toko pakaian dengan tema khusus. Jalan Cihampelas ialah salah satu jalan yang terkenal dengan FO. dan toko-toko pakaian lainnya.

Di jalan ini, toko-toko pakaian, fo. atau distro dimulai dari ruko Cihampelas, jalan Cihampelas no.186, hingga lampu merah Cihampelas. Jalan ini dulu terkenal dengan jeans-nya, tapi saat ini toko-toko di disini telah berkembang menjadi toko pakaian yang tidak hanya terkenal dengan jeans-nya. Walaupun demikian, jalan ini tetap terkenal di kota Bandung. Yang menarik dari toko-toko ini ialah patung-patung super hero berukuran besar yang dijadikan icon dan nama toko tersebut. Tujuannya agar dapat menarik pengunjung dan agar toko ini mudah diingat pengunjung.

Menurut Ridwan, salah seorang tukang parkir yang juga berjualan kaos di terotoar jalan Cihampelas, jalan ini masih banyak dikunjungi oleh wisatawan domestic dari luar Bandung. “Biasanya dari Bogor, Bekasi, atau Jakarta. Dari Surabaya juga ada” katanya. Selain wisatawan domestic, banyak juga wisatawan mancanegara, baik yang datang secara perorangan maupun rombongan. Jalan Cihampelas, biasanya, dipadati oleh rombongan para wisatawan ini pada hari Sabtu-Minggu atau saat liburan sekolah. Jadwal kedatangan rombongan ini, tambahnya, bisa dilihat dari jadwal kedatangan rombongan dari Sabuga (Sasana Budaya Ganesha) atau dari museum Geologi Bandung karena biasanya jalan Cihampelas dijadikan tujuan terakhir, setelah Sabuga dan museum Geologi, untuk berbelanja oleh-oleh sebelu pulang ke tempat asalnya.

Narasumber:
Ridwan, Tukang parkir dan pedagang kaos di jalan Cihampelas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar