Selasa, 16 November 2010

Jakarta: Eksotisnya Kota Tua

T13/OJ/2010
YOHANNIE LINGGASARI
210110090206

Bagi Anda yang bosan berwisata ke mall, mungkin Anda bisa mencoba rekreasi ke Kota Tua, Jakarta. Bangunan-bangunan tuanya yang eksotis jarang kita lihat sehingga memiliki ciri khas tersendiri. Di Kota Tua, berjejer sepeda-sepeda onthel yang lengkap dengan topi yang bisa disewakan. Hanya bermodalkan Rp 20.000, Anda bisa berkeliling Kota Tua dengan sepeda onthel yang unik itu. Pada hari libur, Kota Tua pasti ramai dipenuhi oleh anak muda.


Barisan sepeda onthel yang disewakan

Di Kota Tua terdapat banyak museum. Contohnya saja, Museum Wayang dan Museum Seni Rupa dan Keramik. Tiketnya pun murah. Untuk Museum Wayang, tiketnya seharga Rp 2.000/orang, sedangkan tiket Museum Seni Rupa dan Keramik seharga Rp 1.000/orang. Murah sekali, bukan? Karena itulah, diharapkan para kawula muda suka berjalan-jalan ke museum.
Di Museum Wayang, terdapat berbagai macam wayang yang tersimpan rapi di balik kotak kaca. Selain memamerkan berbagai jenis wayang Indonesia, terdapat juga wayang dari negara lain, seperti Skotlandia, Cina, ongkong, dan lain-lain. Wayang yang dipamerkan terbuat dari kulit, golek, kardus, dan lain-lain. Selain wayang, terdapat juga wayang.
Di Museum Seni Rupa dan Keramik, terdapat ratusan keramik zaman dulu dipamerkan di sini. Keramik-keramik itu diperoleh dari sejumlah kapal yang tenggelam di perairan Indonesia. Koleksi keramik itu kebanyakan berasal dari Cina, Jepang, Eropa, dan Arab. Ada pula lukisan-lukisan hasil karya Raden Saleh. Di museum ini, pengunjung dapat membuat keramik buatan tangannya sendiri. Biaya yang dikeluarkan cukup Rp 20.000 saja.
Dua museum itu sangat menarik untuk dikunjungi. Selain menyenangkan, juga dapat menambah wawasan kita mengenai kebudaayn Indonesia dan kebudayaan luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar