Selasa, 16 November 2010

CIMUTAN: SUNGAI PENUH MISTERI

T13/ OJ/ 2010
Frasetya Vady Aditya
210110090216


Sungai ini terletak di Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Alirannya berakhir di Situ Cigayonggong, sebuah danau yang cukup besar di dekat tempat wisata “Jati Mas”. Sungai ini unik karena aliran sungai yang awalnya dua meter, saat masuk daerah ini menjadi 50 meter lebarnya, sehingga dapat dikatakan bahwa sungai ini berbentuk seperti danau mini.
Beberapa anak biasanya berenang di sore hari. Mereka melakukan aksi akrobatik seperti melompat dari sebuah bangunan di tengah danau dan melakukan putaran-putaran. “Hayu a, ngojay,” (Ayo kak, kita berenang-Red) ajak salah seorang anak kecil itu. Keberanian mereka patut diacungi jempol karena banyak dari mereka yang masih berusia di bawah sepuluh tahun tapi sudah dapat berenang. Padahal, kedalaman sungai ini mencapai lima meter di tengahnya. Dari atas terlihat dasar sungai yang berbatu, karena air sungai ini begitu jernih.
“Kade ulah sompral,” (awas, jangan bicara sembarangan) kata Ardi, penduduk asli Kasomalang, memperingatkan. Ia mengatakan, korban tewas di sungai ini sudah banyak. Rata-rata orang luar Subang, khususnya penduduk luar Kasomalang. Menurut Ardi, sebelum menemui ajalnya, para korban ini selalu “ngejago” atau berkata “sompral.” Kematian para korban pun cukup mengenaskan. Walaupun ia jago berenang, terkadang kakinya tiba-tiba kram dan tenggelam. Usaha sejumlah warga untuk menolongnya menjadi percuma, karena korban sudah tersedot lumpur yang mengendap di dasar sungai. Oleh karena itu, warga sekitar percaya merekea yang menjadi korban adalah akibat dari ulah mereka sendiri.
penduduk Kasomalang tengah pulang melewati jalan ke sungai Cimutan yang terletak tepat di bawahnya
Meskipun begitu, pesona sungai Cimutan ini tidak hilang begitu saja. Terkadang, air berubah menjadi biru langit, lalu kembali jernih. Ketinggian airpun tidak menentu. Terkadang mencapai pinggiran tanggul, bahkan kadang menyusut hingga batu-batu di dasar sungai terlihat. Keindahan ini disajikan begitu menawan oleh Sang Pencipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar